Jumat, 05 April 2013

Gambus(Gitar Arab)

SejarahGambus adalah salah satu alat musik yang berasal dariTimur Tengah khususnya Arab Saudi. Paling sedikit gambus dipasangi 3 senar dan paling banyak 12 senar. biasanya gambus dimainkan sambil diiringi gendang. Sebuah orkes memakai alat musik utama berupa gambus dinamakan orkes gambus atau disebut gambus saja.Orkes gambus mengiringi tari Zapin yang seluruhnya dibawakan pria untuk tari pergaulan dan liriknya berisi tentang keagamaan.


Dawai yang dipakai adalah usus kambing atau nylon, biasanya setiap dawai rangkap sehingga ada 12 dawai semuanya, tidak ada fret (jadi seperti biola, papan polos, nada ditentukan dengan posisi jari seperti main biola), sedangkan plektrum disebut dalam bahasa Arab sebagai risha (artinya bulu). Sekarang dawai dibuat dari nylon yang dibungkus kuningan atau tembaga) seperti dawai gitar.

Gambus memiliki suara rendah yang unik. Gambus Arab berbeda dengan yang ada di Turki, Armenia, atau Yunani. Di Turki terdapat berbagai tala, dan berbeda dengan yang ada di Arab. Nama lute di Eropa adalah berasal dari Arab, yaitu al oud.

Penyebaran Gambus :
  • Timur Tengah.
  • Malaysia(Sabah, Serawak).
  • Brunei Darrusalam.
  • Indonesia(Kalimantan, Sulawesi).
Fakta Gambus :
  • Pada awal terciptanya orkes gambus, penyanyi diwajibkan bisa memainkan gambus pada saat bernyanyi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar